Sen. Nov 28th, 2022
    ingus berdarah

    Ingus berdarah adalah kondisi di mana darah keluar lewat hidung. Biasanya, masyarakat menyebutnya mimisan. Meski terlihat menakutkan, kondisi ini umum terjadi dan tidak dipicu kondisi medis yang serius. Umumnya, kondisi ini terjadi hanya sesekali saja, lalu akan membaik tanpa penanganan khusus. Tetapi, Anda tetap harus waspada jika darah yang keluar banyak atau tak kunjung berhenti.

    Penyebab Umum Ingus Berdarah

    Ingus berdarah terjadi akibat rusaknya pembuluh darah pada dinding hidung. Penyebabnya ada beberapa faktor:

    1.      Cedera Hidung

    Mengeluarkan kotoran dari hidung atau membuang ingus dengan kasar bisa menyebabkan ingus berdarah. Jadi, jangan suka mengorek hidung terlalu keras, ya!

    2.      Udara Dingin/Kering

    Selain itu, udara dingin/kering juga dapat memicu dahak atau ingus berdarah. Misalnya adalah saat Anda berada di dataran tinggi atau ruangan ber-AC yang sangat dingin.

    3.      Masuknya Benda Asing

    Tersangkutnya benda asing dalam hidung juga bisa merusak pembuluh darah. Biasanya, kondisi ini dialami seseorang yang suka menggunakan obat semprotan hidung.

    4.      Struktur Hidung Tidak Normal

    Menurut berbagai artikel kesehatan, seseorang yang mempunyai bentuk anatomi hidung tidak normal juga berpotensi mengakibatkan ingus berdarah.

    5.      Mengkonsumsi Obat Tertentu

    Penggunaan obat pengencer darah juga beresiko mengakibatkan ingus berdarah. Jadi, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat pengencer darah.

    6.      Infeksi Saluran Pernapasan

    Polip, alergi, sinusitis, atau pilek membuat hidung tersumbah. Akibatnya, pendarahan hidung bisa terjadi karena rusaknya pembuluh darah dalam hidung.

    7.      Stress Berlebihan

    Kecemasan kronis dan stress berlebih juga dapat mengakibatkan ingus berdarah. Bahkan, pendarahan hidung kambuhan & sering muncul tiba-tiba juga dapat terjadi.

    8.      Kehamilan

    Ternyata, kehamilan juga bisa menjadi faktor menyebab ingus berdarah. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormone yang meningkatkan estrogen.

    9.      Tumor/Kanker Hidung

    Ini mungkin penyebab yang paling berbahaya. Selain ingus yang berdarah, gejala lain adalah munculnya nanah dari hidung, penurunan indera penciuman, nyeri di telinga/bawah mata, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

    Cara Mengatasi Ingus Berdarah

    Anda tak perlu bingung mencari obat ingus berdarah. Pasalnya, Anda bisa mengatasi kondisi ini sendiri di rumah.

    1.      Kompres Dingin

    Pertama, Anda bisa mengompres dingin bagian pangkal hidung guna menghambat/menghentikan pendarahan.

    2.      Pencet Hidung

    Selain itu, Anda juga dapat memencet hidung dengan telunjuk dan ibu jari selama 10 menitan. Di saat bersamaan, Anda dapat bernapas lewat mulut.

    3.      Keluarkan Darah yang Mengalir ke Mulut

    Jika darah tak sengaja masuk ke mulut/kerongkongan, hal itu membuat seseorang muntah. Di sini, keluarkan darah lewat mulut sesegera mungkin.

    4.      Duduk Tegak & Condongkan Tubuh ke Depan

    Posisi ini juga bisa mengurangi tekanan darah pada pembuluh darah di hidung dan mencegah darah yang keluar semakin banyak.

    5.      Hindari Bersin

    Dalam artikel kesehatan ini, Anda juga disarankan untuk menghindari bersin karena bersin bisa memicu darah keluar semakin banyak.

     

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *