Rab. Nov 29th, 2023
    asuransi rawat inap

    Gula darah tinggi bisa memicu berbagai macam penyakit, bahkan mereka yang sudah terdiagnosis dengan gula darah tinggi mereka harus tiap hari mengecek kadar gula mereka. Guna mengantisipasi segala kemungkinan, terutama untuk menjaga agar kondisi tubuh tidak drop. Karena kalau sampai drop kamu pasti harus dilarikan ke rumah sakit dan menginap disana jika memang dokter ingin observasi lebih jauh. Yaa memang sih kamu bisa menggunakan asuransi rawat inap agar tidak terbebani biaya perawatan di rumah sakit. Tapi kalau kamu bisa melakukan antisipasi dari rumah kenapa tidak?

    Ada banyak cara menurunkan gula darah yang tidak menimbulkan efek samping. Sehingga patut kamu coba untuk menjaga kondisi kamu tetap stabil. Ini merupakan cara alami yaa, sehingga aman dari efek samping.

    Lakukan Hal Ini Untuk Menurunkan Gula Darah

    Bagi mereka yang sudah terdiagnosis dengan gula darah tinggi dan mengarah pada diabetes, berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan. Tenang saja cara menurunkan gula darah berikut ini tanpa efek samping sehingga bisa kamu rutinkan untuk menstabilkan kondisimu.

    • Rutin Cek Gula Darah

    Di jaman sekarang pengecekan gula darah sudah bisa kamu lakukan sendiri di rumah asal kamu punya alatnya. Bahkan mereka yang sudah tau sejak dini bahwa ia punya kadar gula tinggi mengecek kondisinya setiap pagi untuk memastikan kondisi mereka stabil.

    Karena kita tau kalau gula darah adalah silent killer, dimana tidak menunjukkan gejala yang bisa menjadi penanda kalau gula kita tinggi. Normalnya kadar gula seseorang itu 200 mg/dl dan kalau sudah lebih dari itu kebanyakan orang tidak sadar dan cenderung mengabaikan.

    Jika kamu tidak punya alat untuk cek kadar gula maka pastikan kamu mengeceknya 6 bulan sekali ataupun 1 tahun sekali. Dan bagi mereka yang sudah ada usia di atas 40 tahun sebaiknya minimal 1 kali dalam sebulan mengecek gula darah.

    Dengan kamu tahu berapa kadar gula kamu, kamu bisa mengambil langkah dari awal entah itu tindakan pencegahan dan upaya untuk menurunkan gula darah

    • Banyak Minum Air

    Cara menurunkan gula darah yang efektif adalah dengan banyak minum air putih. Karena cairan dari air putih ini akan memperlancar fungsi kerja ginjal dalam menyering gula yang ada di dalam darah. Nah nantinya akan dikeluarkan melalui urine.

    Selain itu dengan kamu banyak minum air maka secara otomatis oksigen yang tersebar di dalam tubuh juga semakin banyak. Sehingga endapan gula yang ada di darah pun bisa terkonversi menjadi energi yang bisa kamu manfaatkan.

    Air putih ini tidak bisa kamu ubah menjadi minuman lain yaa. Karena minuman lain yang ada gulanya tentu akan menaikkan kadar gula kamu.

    • Makan Banyak Serat

    Cara kedua kamu bisa memperbanyak konsumsi serat, dengan serat yang kamu konsumsi maka proses penyerapan karbohidrat dan gula akan berlangsung lebih lambat. Sehingga gula darah pun akan lebih stabil.

    Dan pilih serat yang bisa larut dalam air yaa agar lebih efektif menurunkan kadar gula darah. Diantaranya kamu bisa pilih ubi, buah pir, buah apel, wortel, alpukat, brokoli hijau, oats, kacang polong, berbagai macam jeruk dan lain sebagainya.

    • Pertahankan Berat Badan Ideal

    Berat badan yang ideal juga bisa membantu kamu dalam menjaga gula darah loh. Karena pada mereka yang punya berat badan berlebih akan mengalami resistensi insulin. Maksudnya adalah sel dalam tubuh akan menolak insulin dari pankreas, sehingga gula akan lebih banyak dalam darah daripada masuk ke sel tubuh.

    Dan efek positifnya kamu punya badan yang ideal adalah kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit berat lainnya seperti jantung dan hipertensi.

    • Olahraga

    Olahraga selain bisa membantu kamu punya badan yang ideal juga bisa menambah sensitivitas insulin. Sehingga sel akan bisa menyerap banyak gula yang ada di dalam darah. Kemudian dengan olahraga otot kamu akan terdorong untuk bekerja, sehingga energi yang kamu keluarkan menjadi lebih banyak. Artinya gula dalam darah pun bisa terpakai.

    Kamu bisa pilih antara olahraga angkat beban, jalan kaki, lari, menari, bersepeda, mendaki, berenang, dan olahraga lain yang menghasilkan banyak keringat.

    • Menjaga Asupan Karbo

    Ingat yaa karbohidrat adalah sumber gula. Sehingga jangan banyak makan nasi putih, kurangi camilan berbasis tepung, dan lain sebagainya.

    • Banyak Makan Ikan

    Ikan bisa menjadi cara menurunkan gula darah yang efektif, kamu bisa mengkonsumsinya 2 kali dalam seminggu minimal. Selain bisa menurunkan gula darah, dengan mengkonsumsi ikan maka kamu bisa mendapatkan asupan omega 3, vitamin D dan B2.

    Itulah tasi beberapa rekomendasi cara manurunkan gula darah yang tidak punya efek samping. Kamu harus melakukan semua cara di atas untuk menstabilkan kondisimu. Dan apabila kamu belum punya asuransi sebaiknya segera buat asuransi rawat inap untuk mendapatkan layanan pemeriksaan berkelanjutan terkait kdar gula kamu.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *