Rab. Nov 29th, 2023
    Software point of sale

    Transaksi bisnis yang semakin modern dan digital menuntut pebisnis untuk berani mengembangkan program point of sale yang dimiliki. Beruntungnya, Software point of sale sendiri sudah berkembang dengan pesat. Seperti apa yang ditawarkan oleh Soltius Indonesia. Namun, bagaimana cara penerapan POS yang tepat? Kenali dulu ringkasan singkat berikut.

    Apa itu POS?

    Secara ringkas, POS adalah sebuah sistem transaksi bisnis yang mana sistemnya memberi kesempatan perusahaan untuk mencatat dan memproses transaksi. Transaksi ini semakin beragam dengan data yang cukup luas, termasuk berbagai jenis pembayaran hingga info keuangan yang ada. Menariknya, POS juga mencakup beberapa fungsi bisnis lain dalam beberapa hal unik.

    Cara Penggunaan POS

    Perangkat POS bekerja layaknya inti sebuah sistem operasi bisnis. Dalam artian lain, kinerja dan informasi yang didapatkan oleh POS akan berguna untuk perusahaan. Namun apa saja yang ditawarkan oleh sistem POS? Point of sales, umumnya dikaitkan dengan sistem kasir. Hal tersebut karena fungsinya yang serupa. Namun, jangan salah menggunakan.

    POS memiliki fitur yang lebih luas, bahkan lebih dari sekedar menyimpan data transaksi. Namun pada umumnya, software Point of sales digunakan untuk mencatat pesanan, menerima pembayaran, dan mencetak struk. Fungsi utama tersebut dapat diiringi dengan berbagai fungsi lain, seperti penulisan laporan, pencatatan biaya, dan lain sebagainya.

    Penggunaan POS Sesuai Jenis Usaha

    Meski fungsi dasar dari Point of sale sama, namun tidak bisa dipungkiri bahwa penerapan dan tugas dari setiap bisnis tidak akan sama. Sebut saja pada bisnis retail. Di bisnis ini, POS juga bisa memiliki fitur manajemen inventaris, laporan penjualan, pemesanan online, return, refund, hingga CRM.

    Hal tersebut akan berbeda dengan bisnis perhotelan, penginapan, dan restoran. Di ranah bisnis hospitality, perusahaan dapat memanfaatkan fitur POS untuk menerima pesanan atau booking. Manajemen untuk menu, ketersediaan ruang atau meja, ketersediaan produk dapur, pembayaran, dan lain sebagainya adalah beberapa fungsi yang diberikan POS.

    Perangkat Pendukung POS

    Pada dasarnya, POS adalah software atau perangkat lunak yang digunakan sebagai pembantu aktivitas bisnis. Sebagai perangkat lunak, program ini masih perlu menggunakan perangkat keras. Perangkat keras yang digunakan atau dibutuhkan umumnya beragam, sesuai dengan kemampuan dan kinerja dari POS itu sendiri.

    Namun setidaknya Anda membutuhkan display, mencakup touch screen atau gadget. Perangkat POS tradisional membutuhkan integrasi dengan cash drawer, card readers, receipt printer, dan barcode scanner. Sebaliknya, Software point of sale modern cenderung lebih simpel. Dapat digunakan hanya dengan berbekal HP dan transaksi digital.

    Dari informasi yang diberikan, garis bawah yang menarik adalah penerapan POS modern berbasis software kini semakin mudah. Software POS tersedia dengan berbagai fitur dan juga fungsi, yang mana dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Jika Anda merasa membutuhkan POS, pertimbangkan vendor ternama seperti Soltius.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *